Sistem Perekrutan Pegawai dengan MADM Topsis dan klasifikasi naive bayes

Sistem pendukung keputusan merupakan solusi yang tepat dalam proses perekrutan pegawai dimana Pemilihan personil (perekrutan personil) adalah salah satu poin terpenting dalam human resource management. Dalam proses seleksi personil banyak kriteria yang digunakan dengan tujuan sumber daya manusia dapat dipekerjakan, ditempatkan, dan dipromosikan pada tempat yang tepat

Metode MADM(Multi Atribute Decision Making) TOPSIS telah banyak dikembangakan dalam berbagai bidang, dan dapat menghasilkan solusi untuk masalah pada dunia nyata, dan hasilnya pun sangat memuaskan. Salah satunya adalah pada bidang human resource development yang diterapkan untuk mengevaluasi dan dan memilih karyawan/pegawai untuk pekerjaan professional.

Metode klasifikasi naïve bayes dapat digunakan untuk penentukan kelayakan calon pegawai, naïve bayes dapat memprediksi kelayakan calon pegawai dari kriteria yang akan digunakan dengan menggunakan dasar probabilitas

Penelitian ini akan memberikan suatu usulan untuk mengembangkan sebuah sistem pendukung keputusan, dimana sistem tersebut akan mendukung pengambilan keputusan dari tahap awal pemilihan calon pegawai untuk dipanggil dan mengkuti tes dengan menggunakan metode perangkingan MADM TOPSIS dan tahapan setelah tes sistem akan dapat mengklasifikasikan kelayakan calon pegawai untuk bekerja

Hasil Penelitian Sistem Perekrutan Pegawai

Kesimpulan dari penelitian ini adalah :

Proses perangkingan dibuat dengan MADM TOPSIS dari beberapa kriteria, sistem mampu untuk melakukan perangkingan berdasarkan periode dan jabatan yang dilamar.

Proses Klasifikasi dilakukan dengan naïve bayes, dengan data dari nilai calon pegawai setelah melakukan seluruh tahapan tes.

Proses perangkingan dengan MADM TOPSIS medapatkan hasil rata –rata jarak antara hasilmanual dengan TOPSIS sebesar 4,3 dengan standar deviasi 2,735.

Proses klasifikasi dengan naïve bayes menghasilkan akurasi sebesar 66,70 % dan error sebesar 33,30 %, dengan nilai error tersebut hasil dari klasifikasi masih memiliki kekurangan dalam memprediksikan kelayakan pegawai.

link paper untuk penelitian ini dapat dilihat di : https://fti.uajy.ac.id/sentika/publikasi/makalah/2016/84.pdf

Share: Facebook, Twitter, Google Plus

Leave a Comment: